Artikel

PEMBENTUKAN KP-ASI BALITA

08 September 2018 15:05:48  admin  291 Kali Dibaca  Berita Desa

Inovasi Kelompok Pendukung ASI (KP - ASI) merupakan Kegiatan yang efektif  untuk meningkatkan cakupan ASI Eksklusif dan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Kelompok Pendukung ASI (KP ASI) secara khusus diselenggarakan untuk para ibu yang ingin berhasil melaksanakan pemberian air susu ibu (ASI) secara optimal, yang meliputi inisiasi menyusu dini (IMD), ASI Eksklusif 6 bulan, dan meneruskan pemberian ASI hingga 2 tahun atau lebih dengan makanan pendamping yang bergizi.

Difasilitasi oleh Puskesmas Bulu, dibentuklah Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) Balita di desa Tergambang pada Selasa, 10 April 2018. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB dihadiri juga oleh Forkopimka Bancar, para kader desa, bidan desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama, juga karang taruna, BPD, serta LPMD desa Tergambang. 

Kelompok Pendukung ASI merupakan kelompok ibu hamil dan Ibu yang memiliki  bayi usia dibawah dua tahun. Diharapkan mereka  bertemu secara rutin sebulan sekali termasuk kunjungan rumah untuk saling bertukar pengalaman, berdiskusi dan saling memberi dukungan terkait kesehatan ibu dan anak khususnya seputar kehamilan, menyusui dan gizi, dipandu/difasilitasi oleh motivator.

 

Seperti diunggah di https://www.rappler.com/indonesia/ayo-indonesia/177365-manfaat-asi-bayi-ibu tentang Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi antara lain :

Manfaat ASI bagi bayi

1. Memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi bayi

ASI merupakan makanan alami yang pertama untuk bayi. ASI telah mencukupi semua kebutuhan energi dan nutrisi yang bayi perlukan selama bulan-bulan pertama kehidupan hingga berusia 6 bulan, sehingga pemberian susu formula atau makanan tambahan sebelum usia 6 bulan belum diperlukan. Selain itu, ASI mencukupi setengah dari kebutuhan bayi usia 6-12 bulan dan sepertiga dari balita usia 1-2 tahun.

2. Mempercepat tumbuh kembang bayi

ASI ternyata dapat membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi. Pada sebuah penelitian di Korea yang meneliti 697 bayi pada tahun 2006, didapatkan bahwa perkembangan kognitif bayi yang diberikan ASI lebih baik dibandingkan yang tidak diberikan ASI. Selain itu, bayi yang diberikan ASI hingga 9 bulan perkembangan kognitifnya lebih baik dibanding yang hanya diberikan selama 3 bulan atau 6 bulan. Pada beberapa penelitian lain juga didapatkan bahwa nilai IQ yang tinggi berhubungan dengan pemberian ASI.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh bayi

Pada ASI terdapat sistem kekebalan tubuh yang terkandung dalam protein-protein seperti lactoferin dan IgA yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi kuman-kuman seperti bakteri, virus maupun parasit. Pemberian ASI eksklusif 6 bulan tanpa pemberian susu formula dapat mengurangi angka kematian bayi yang disebabkan oleh penyakit seperti diare atau radang paru-paru dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Manfaat ASI bagi ibu

1. Lebih cepat pulih dari rasa lelah dan sakit pasca persalinan

Ibu yang menyusui akan lebih cepat pulih setelah persalinan dibandingkan dengan yang tidak menyusui, karena ketika menyusui didalam tubuh akan diproduksi hormon oksitosin yang selain membantu ejeksi air susu, juga akan membantu untuk mengembalikan ukuran rahim menjadi normal. Selain itu oksitosin membantu kontraksi rahim, sehingga mengurangi perdarahan pasca persalinan.

2. Kontrasepsi alami

Menyusui ternyata menunda periode mensturasi ibu sehingga dapat membantu ibu untuk menjarangkan kehamilannya secara alami. Hal ini disebut sebagai lactational amenorrhea. Selama menyusui, produksi hormon estrogen akan berkungan, sedangkan ovulasi terjadi ketika kadar estrogen dalam tubuh meningkat sehingga dengan menyusui dapat mencegah terjadinya ovulasi.

Apabila ibu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan tidak memberikan makanan tambahan lain, maka lactational amenorrhea akan sangat efektif dalam mencegah kehamilan (98%) selama siklus menstruasi ibu belum kembali.

3. Praktis dan ekonomis

Ketika bayi Anda menangis karena lapar pada tengah malah, tentu lebih mudah untuk langsung memberikan ASI dibandingkan Anda harus beranjak dari tempat tidur dan membuat susu formula, padahal Anda sudah sangat lelah pada siang hari. ASI juga memiliki manfaat pada sisi ekonomi. Dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan diteruskan pemberian ASI hingga 2 tahun maka dapat membantu mengurangi biaya untuk membeli susu formula yang harganya kini sangat mahal.

Ayo cintai masa depan bayi kita dengan ASI eksklusif (JIb)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Dusun Klabang RT 05 RW 02
Desa : Tergambang
Kecamatan : Bancar
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62354
Telepon :
Email : pemdestergambang@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:454
    Kemarin:801
    Total Pengunjung:250.900
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.4.127
    Browser:Tidak ditemukan