30 Agustus 2018 11:32:57
Ditulis oleh admin

DONOR DARAH, JARIYAH YANG TAK TERASA

Pemerintah desa Tergambang bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) unit Kabupaten Tuban Jawa Timur pekan depan akan menggerlar acara donor darah yang akan dilaksanakan di POSKESDES desa Tergambang.  Acara yang insyaAllah akan di mulai pukul 09.00 sampai selesai tersebut akan di ikuti oleh jajaran pemerintahan desa, mulai dari kepala desa, perangkat desa, juga BPD, kader-kader desa (PKK, POSYANDU, PSOBINDU, dll), karang taruna, LPMD, juga lapisan masyarakat.  Beberapa staff Puskesmas Bulu juga akan hadir mendonorkan darahnya untk mendukung suksesnya kegiatan tersebut.

 Kegiatan yang bertujuan untuk antara lain untuk merangsang kesadaran masyarakat desa Tergambang, khususnya,  tentang pentingnya donor darah yang akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan diri, baik jangka dekat, menengah, maupun jangka panjang, juga kegiatan ini akan memberikan manfaat besar untuk sesama manusia yang membutuhkan. Otomatis, setetes darah yang mereka sumbangkan, akan menjadi amal jariyah yang tidak terasa.

 Dikutip dari Boldsky, Minggu (15/6/2014) ada beberapa manfaat donor darah :

  1. Mengurangi penyakit jantung
    Salah satu manfaat kesehatan dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat. Dengan begitu, akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan Anda menderita penyakit jantung.
  2. Membakar kalori
    Mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Tidak percaya? Bayangkan saja, ketika darah yang Anda donorkan sebanyak 450 ml, maka Anda pun kehilangan sekitar 650 kalori.
  3. Menurunkan risiko kanker
    Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.
  4. Meningkatkan produksi darah
    Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.
  5. Pikiran lebih stabil
    Apakah Anda tahu bahwa mendonorkan darah secara rutin dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil? Inilah faktanya. Dengan mendonorkan darah, akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.
  6. Bagian dari periksa kesehatan
    Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Sebab jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, maka darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.
  7. Menjadi lansia yang sehat
    Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.
  8. Menurunkan kolesterol
    Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Ayo... segera daftarkan diri anda ke 082331903070. Selain sehat yang anda dapatkan, jariyah amal akan anda simpan (Jib)

 

Artikel di unduh di https://www.liputan6.com/health/read/2063136/8-manfaat-rutin-donor-darah 30/08/18 11.21WIB



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus