PENYULUHAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASETAT)

 

POSKESDES TERGAMBANG

Penyuluhan IVA (Inspeksi Visual Asetat) yang difasilitasi oleh Puskesmas Bulu dilaksanakan di Poskesdes desa Tergambang dengan pemateri ibu Wiwin Handayani, Amd. Keb. (Bidang KB Puskesmas Bulu) pada Sabtu, 22 September 2018 pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Penyuluhan yang diikuti oleh 25 peserta tersebut, diberikan paparan tentang Pencegahan Kanker Leher Rahim & Kanker Payudara sangat antusias. Hal itu dinliai sangat bermanfaat. Peserta tahu dan faham tentang apa itu kanker leher rahim, kanker payudara, bagaimana kanker tersebut muncul, dan cara pencegahanya dengan melakukan pemeriksaan IVA dan Pap smear di Puskesmas.

Kanker leher rahim adalah penyakit tumor ganas di leher rahim yang dapat menyebar (metastasis) ke organ-organ lain yang dapat menyebabkan kematian yang disebabkan oleh HPV (Human papiloma Virus). Terjadinya kanker leher rahim bisa melalui hubungan seksual. Gejala awal kanker leher rahim cenderunhg tidak dirasakan, tetapi dalam beberapa tahun akan terjadi kelainan pada leher rahim yag disebut LESI PRA KANKER.  Bila tidak diobati, akan berubah menjadi kanker leher rahim.

Beberapa orang beresiko tinggi menderita kanker leher rahim diantaranya :

<!-- [if !supportLists]-->1.       <!--[endif]-->Aktivitas seksual sebelum usia 20 tahun

<!-- [if !supportLists]-->2.       <!--[endif]-->Berganti-ganti pasangan seksual

<!-- [if !supportLists]-->3.       <!--[endif]-->Terpapar infeksi yang ditularkan secara seksual (IMS)

<!-- [if !supportLists]-->4.       <!--[endif]-->Ibu atau kakak yang menderita kanker serviks

<!-- [if !supportLists]-->5.       <!--[endif]-->Papsmear sebelumnya yang abnormal

<!-- [if !supportLists]-->6.       <!--[endif]-->Perokok aktif maupun pasif

<!-- [if !supportLists]-->7.       <!--[endif]-->Penurunan daya tubuh

Peserta juga diberikan ilustrasi SADARI (pemerikSAan payuDAra senDIri) untuk mengetahui adanya tumor atau benjolan dipayudara. Diharapkan dengan mengenali lebih dini tentang kondisi payudara masing-masing, mereka akan tanggap tentang kondisi kesehatan diri. (Jib)

 

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)