TIGA HAL YANG DIPRIORITASKAN DALAM MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA

Senin, 5 Nopember 2018 bertempat dibalai desa Tergambang, dilaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dihadiri oleh BPD Desa Tergambang, Pemerintah Desa Tergambang, Puskesmas Bulu, Bidan Desa, kader PKK, Posyandu, Poskesdes, juga perwakilan tokoh masyarakat. Musyawarah yang diawali dengan paparan dan penyuluhan tentang kesehatan oleh bidan desa, Ny. Witarotul Ainim, Amd. Keb. Mengusung tema tentang Antisipasi Masalah Kesehatan dimusim Peralihan. Bagaimana cara mengantisipasi, mencegah, dan menanganinya ketika terkontaminasi.

Di akhir sesi musywarah, setelah sebelumnya dipresentasi kan hasil SMD (Survey Mawas Diri) yang telah dilaksakan oleh para kader yang kemudian menjadi dasar MMD ini, disepakati tiga hal pokok yang menjadi dasar prioritas untuk ditangani pada tahun 2019 mendatang. Antara lain :

 NO

PRIORITAS MASALAH

 PENYEBAB

 PEMECAHAN MASALAH

1

PROGRAM KB

KB MKJP

RASA TAKUT

RASA MALU

PENGATAHUAN KURANG

SOSIALISASI / PENYULUHAN

SOSISALISASI KETIKA POSYANDU

2

JAMBAN SEHAT

KURANG MAMPU

KURANG SADAR

ARISAN JAMBAN

STIMULAN DARI DESA

3

IVA

RASA TAKUT

RASA MALU

PENGETAHUAN KURANG

SOSIALISASI / PENYULUHAN

SOSISALISASI KETIKA POSYANDU

PELAKSANAAN IVA DI POSKESDES

 Pada sesi penutupan, wakil kepala puskesmas, Ibu Indarti menyampaikan sebuah harapan agar desa Tergambang tahun 2019 masuk kategori desa ODF (Open Defecation Free) dimasa seluruh warga masyarakat telah memiliki jamban sehat. (Jib)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)