25 IBU-IBU MENGIKUTI PEMERIKSAAN IVA DI POSKESDES TERGAMBANG

Sebanyak 25 ibu-ibu di desa Tergambang mengikuti pemeriksaan IVA  (Inspeksi Visual Asetat)  yang diadakan pada Rabu, 2 Oktober 2018 di Poskesdes desa Tergambang. Pemerikasaan ini di ikuti menyusul mulai sadarnya kalangan ibu-ibu tentang pentingnya pemeriksaan IVA yang harus dilakukan minimal 2 kali dalam setahun. Kesadaran ini timbul setelah ibu-ibu mengikuti penyuluhan tentang Pencegahan Kanker  Leher Rahim dan Kanker Payudara yang dilaksanakan pada 22 September 2018 oleh ibu Wiwin Handayani, Amd. Keb. (Bidang KB Puskesmas Bulu) yang juga dilaksanakan di Poskesdes tergambang.

“menyadarkan ibu-ibu bukanlah hal yang mudah. Perlu penyuluhan dan pendekatan secara perlahan-lahan. Penyuluhan dan Pemeriksaan IVA sangat penting bagi kesehatan ibu-ibu. Terutama untuk mengetahui apakah ada penyakit tertentu atau tidak. Mencegah dan mengetahui sedini mungkin adalah lebih baik”, tutur ibu Witarotul Ainim, Amd. Keb., bidan desa Tergambang.

Kedepan, kegiatan serupa akan terus dilakukan. Program ini akan menjadi program rutinitas Poskesdes Tergambang untuk mewujudkan gerakan sadar kesehatan dikalangan ibu-ibu. (Jib)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)