Artikel

AGUSTUS, BULAN INTENSIFIKASI PENIMBANGAN, PEMBERIAN VITAMIN A DAN PEMBERIAN OBAT CACING

26 Agustus 2019 17:14:44  admin  842 Kali Dibaca  Berita Desa

Bulan Timbang Agustus merupakan salah satu program dari Pemerintah dalam rangka memenuhi informasi tentang data status gizi balita secara komprehensif dan mencegah terjadinya kekurangan Vitamin A (KVA). Dengan kata lain, program Bulan Timbang Agustus adalah bulan intensifikasi penimbangan dan  bulan vitamin A secara rutin. Kegiatan tersebut akan dilakukan oleh Kader Posyandu bersama Bidan atau petugas kesehatan lainnya dengan sasaran semua balita.

Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) balita di Desa Tergambang merupakan sebuah kegiatan rutin yang dijadwalkan setiap bulan dalam rangka mengawal tumbuh kembang bayi dan balita. Posyandu yang ada di Desa Tergambang sendiri terbagi dalam dua kelompok berdasarkan letak geografis desa. Hal tersebut disesuaikan berdasarkan satuan wilayah RW. Berdasarkan data dari Bidan Desa, seluruh balita yang ada di Desa Tergambang aktif mengikuti kegiatan Posyandu secara rutin. Kegiatan Posyandu rutin tersebut meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian imunisasi, serta pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita. Sementara khusus untuk pemberian vitamin A dan obat cacing dijadwalkan pada Bulan Timbang Agustus.

Pada kegiatannya, kesuksesan program Posyandu selalu hadir melalui semangat dari para Kader Posyandu dan peran serta orang tua balita yang rutin datang untuk melakukan timbangan bagi putra-putrinya. Hal tersebut sejalan dengan tingkat kesadaran dan semangat masyarakat Desa Tergambang utamanya bagi para orang tua terhadap tumbuh kembang dan kesehatan putra-putrinya. Tak hanya bagi orang tua balita, kegiatan Posyandu juga menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah Desa Tergambang. Selain itu, kegiatan Posyandu mampu menjadi akses layanan dasar kesehatan bayi dan balita di desa.

Kita tentu menyadari bahwa balita adalah calon generasi penerus bangsa, di mana masa pertumbuhan dan perkembang balita harus menjadi perhatian kita bersama. Dengan mempertimbangkan sisi kemanfaatatan kegiatan Posyandu tersebut, mari kita bersama menyukseskan Program Bulan Timbang Agustus ini dengan semangat. Tidak lain, dengan kesuksesan program tersebut secara tidak langsung kita itut mengawal pertumbuhan dan perkembangan para generasi penerus bangsa agar mampu menjadi generasi sehat dan cerdas.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Dusun Klabang RT 05 RW 02
Desa : Tergambang
Kecamatan : Bancar
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62354
Telepon :
Email : pemdestergambang@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:34
    Kemarin:1.081
    Total Pengunjung:516.508
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.219.236.62
    Browser:Tidak ditemukan