04 September 2019 10:08:26
Ditulis oleh admin

WUJUDKAN KELUARGA BERKUALITAS DENGAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA

Tergambang. Merupakan salah satu dari tiga desa di Kecamatan Bancar yang dicanangkan dalam Program Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB). Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW atau dusun yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis. Kampung KB dicanangkan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo di kabupaten Cirebon Jawa Barat pada tanggal 14 Januari 2016.

Salah satu upaya dalam mewujudkan Kampung KB tersebut, Desa Tergambang memberikan penyuluhan kepada warga masyarakat tentang Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dimana tingkat kesadaran masyarakat masih rendah dalam menggunakan alat kontrasepri jangka panjang tersebut. Rata-rata masih menggunakan KB pil atau KB suntik atau kondom. Penyuluhan tersebut diharapkan untuk memebrikan pengetahuan agara masyarakat paham dan tahu tentang KB yang tepat juga untuk mengatur kelahiran anak untuk menata masa depan yang lebih baik.

Hadir dalam acara tersebut, Ir. Wasiah, PLKB Kecamatan Bancar dan Witarotul Ainim, Amd. Keb. Memberikan materi kepada peserta penyuluhan untuk menggugah pengetahuan dan kesadaran masyarakat.

Jenis-jenis MKJP:

  • Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)/IUD
  • Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)/Implan/Susuk
  • Tubektomi (pada Perempuan), dan
  • Vasektomi (pada Laki-Laki)

 (Jib)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus