04 September 2019 10:38:19
Ditulis oleh admin

IDENTIFIKASI MASALAH STBM DESA TERGAMBANG

STBM adalah pendekatan dengan proses fasilitasi yang sedehana yang dapat merubah sikap lama, kewajiban sanitasi menjadi tanggung jawab masyarakat. Dengan satu kepercayaan bahwa kondisi bersih, nyaman dan sehat adalah kebutuhan alami manusia. Pendekatan yang dilakukan dalam STBM menyerang/menimbulkan rasa ngeri dan malu kepada masyarakat tentang kondisi lingkungannya. Melalui pendekatan ini kesadaran akan kondisi yang sangat tidak bersih dan tidak nyaman ditimbulkan. Dari pendekatan ini juga ditimbulkan kesadaran bahwa sanitasi (kebisaan BAB disembarang tempat) adalah masalah bersama karena dapat berimplikasi kepada semua masyarakat sehingga pemecahannya juga harus dilakukan dan dipecahkan secara bersama.

Desa Tergambang termasuk diantara daftar desa yang belum ODF(Open Defecation Free) atau belum semua masyarakat buang air besar ditempatnya. Hadir dalam acara tersebut, Ibu Iin dari Puskesmas Bulu, Pemerintah desa, BPD, tokoh masyarakat merumuskan bersama solusi dan langkah yang paling tepat untuk mewujudkan STBM berdasarkan 5 pilarnya, yaitu :

  1. Tidak membuang air besar sembarangan (BABS)
  2. Mencucui tangan pakai sabun
  3. Mengelola air minum dan makanan yang aman
  4. Mengelola sampah dengan benar
  5. Mengelola limbah rumah tangga dengan benar

Diantara hal yang diusulkan dalam identifikasi masalah STBM tersebut, diharapkan melalui Dana Desa, warga berharap akan ada stimulus untuk membantu warga masyarakat kurang mampu untuk mempunyai jamban sehat. (Jib)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus