24 September 2019 09:41:10
Ditulis oleh admin

SELAMAT HARI TANI NASIONAL, PETANI MAJU, INDONESIA UNGGUL

Hari Tani Nasional dirayakan setiap tanggal 24 September terutama oleh para petani di seluruh Indonesia. Sejarah mengatakan bahwa tanggal 24 September 1960 lalu ditetapkan sebagai Hari Tani Nasional oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno dan meresmikanya dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960).

Petani adalah salah satu soko guru tegaknya suatu bangsa dan negara. Dengan kemandirian pangan yang diperoleh oleh suatu bangsa, tidak hanya negara tersebut mampu mencukupi kebutuhan pokok warga masyarakat, tetapi lebih dari itu, hasil pertanian akan mampu mendatangkan keuntungan besar kepada para petani melalui transaksi jual beli, baik lokal maupun mampu menembus pasar luar negeri. 

Sayang, dewasa ini generasi penerus yang terdiri dari para pemuda kurang berminta pada dunia pertanian. Mereka lebih bangga menjadi karyawan-karyawan atau buruh-buruh perkantoran, perbankan, perhotelan, pariwisata, pabrik dll tanpa menyadari bahwa pentingnya sektor pertanian yang harus menjadi perhatian dan perlu inovasi untuk pemenuhan pangan hingga mampu memberikan kontribusi nyata pada negara ini menjadi negara swasembada pangan yang sejahtera. Selamat Hari Tani Nasional. Salam Swasembada Pangan. (Jib) 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus