Artikel

DETEKSI DINI PTM, TINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT

25 September 2019 08:21:59  admin  887 Kali Dibaca  Berita Desa

Poskesdes Tergambang. Pelaksanaan Posbindu PTM atau Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular diDesa Tergambang merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan sebagai usaha dalam mengembangkan Desa Siaga Aktif dan Kampung Keluarga Berencana. Guna mendukung kegiatan tersebut, melalui penganggaran APBDes tahun 2019, Pemerintah Desa Tergambang menganggarkan pengadaan sarana prasarana kesehatan, diantaranya Ambulance Desa, Alat Cek Laborat PTM (Alat Ceknya, stik Gula Darah, stik Kolestrol, stik asam urat, blood lancet), timbangan badan, juga alat cek tekanan darah. 

Pelaksanaan Posbindu PTM yang dilaksanakan secara langsung oleh Bidan Desa, Ny. Witarotul Ainim, Amd. Keb. beserta kader Posbindu dilaksanakan dari RW ke RW. Dalam pelaksanaan Posbindu tersebut, warga akan di cek laborat tentang kadar Gula Darah, kadar Asam Urat, dan kadar Kolestrol, sehingga warga masayarakat akan tahu sejauh mana kadar dari masing-masing pengecekan.

 Di sela-sela kegiatan Posbindu PTM, Bidan Desa, Ny. Witarotul Ainim, Amd. Keb. juga memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat melalui kegiatan Posyandu, pertemuan tingkat RT, Jamaah tahlil, Jamaah muslimat dan fatayat tentang apa itu PTM atau penyakit tidak menular serta bahaya dan cara mencegahnya. Dimana salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengetahui secara dini kadar Gula darah, Asam urat, dan Kolestrol yang ada pada tubuh. Oleh karena itu, penting bagi warga masayrakat desa Tergambang untuk paling tidak mengikuti pengecekan laborat yang dilaksanakan dalam program Posbindu PTM tersebut. Tujuan dari program tersebut, tak lain adalah untuk secara bersama-sama sadar dan tahu tentang kesehatan diri masing-masing, keluarga, dan orang sekitar. (Jib)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Dusun Klabang RT 05 RW 02
Desa : Tergambang
Kecamatan : Bancar
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62354
Telepon :
Email : pemdestergambang@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:212
    Kemarin:248
    Total Pengunjung:518.464
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.133.159.224
    Browser:Mozilla 5.0