25 September 2019 08:21:59
Ditulis oleh admin

DETEKSI DINI PTM, TINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT

Poskesdes Tergambang. Pelaksanaan Posbindu PTM atau Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular diDesa Tergambang merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan sebagai usaha dalam mengembangkan Desa Siaga Aktif dan Kampung Keluarga Berencana. Guna mendukung kegiatan tersebut, melalui penganggaran APBDes tahun 2019, Pemerintah Desa Tergambang menganggarkan pengadaan sarana prasarana kesehatan, diantaranya Ambulance Desa, Alat Cek Laborat PTM (Alat Ceknya, stik Gula Darah, stik Kolestrol, stik asam urat, blood lancet), timbangan badan, juga alat cek tekanan darah. 

Pelaksanaan Posbindu PTM yang dilaksanakan secara langsung oleh Bidan Desa, Ny. Witarotul Ainim, Amd. Keb. beserta kader Posbindu dilaksanakan dari RW ke RW. Dalam pelaksanaan Posbindu tersebut, warga akan di cek laborat tentang kadar Gula Darah, kadar Asam Urat, dan kadar Kolestrol, sehingga warga masayarakat akan tahu sejauh mana kadar dari masing-masing pengecekan.

 Di sela-sela kegiatan Posbindu PTM, Bidan Desa, Ny. Witarotul Ainim, Amd. Keb. juga memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat melalui kegiatan Posyandu, pertemuan tingkat RT, Jamaah tahlil, Jamaah muslimat dan fatayat tentang apa itu PTM atau penyakit tidak menular serta bahaya dan cara mencegahnya. Dimana salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengetahui secara dini kadar Gula darah, Asam urat, dan Kolestrol yang ada pada tubuh. Oleh karena itu, penting bagi warga masayrakat desa Tergambang untuk paling tidak mengikuti pengecekan laborat yang dilaksanakan dalam program Posbindu PTM tersebut. Tujuan dari program tersebut, tak lain adalah untuk secara bersama-sama sadar dan tahu tentang kesehatan diri masing-masing, keluarga, dan orang sekitar. (Jib)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus