Artikel

GOTONG ROYONG WARGA DESA

01 Mei 2024 08:37:12  admin  19 Kali Dibaca  Berita Desa

Sambut agenda rutin sedekah bumi Tahun 2024, warga Desa Tergambang bersama-sama melakukan gotong royong kerja bakti di Punden Ketapakan dan Sumur Balai Dusun Tergambang pada hari Rabu (01/5/2024) pukul 06.00 WIB.
Pemerintah Desa Tergambang bersama warga membersihkan Punden Ketapakan dan Sumur Balai Dusun dengan cara memotong rumput liar serta semak belukar. Selain itu, di Punden Ketapakan tersebut juga terdapat makam leluhur, sehingga selalu diperlukan adanya pembersihan di lokasi tersebut.
Menurut Ketua RT 09, Bapak Ngatmin, sebagai salah satu sumber mata air warga Dusun Tergambang sejak zaman dahulu, lokasi sumur harus terus dijaga kebersihannya agar warga yang ingin mengambil air di sumur tersebut dapat mengambilnya dengan aman tanpa khawatir adanya ular maupun binatang berbahaya lain yang sembunyi di semak belukar.
“Dulu sebelum pemukiman warga pindah ke wilayah Dusun Tergambang bagian barat, hampir seluruh warga mengambil air disini, untuk minum, mencuci, dll. Sehingga sudah selayaknya sumur ini tetap dijaga kebersihannya” pungkasnya.
Kegiatan gotong royong ini disambut dan dilaksanakan secara antusias oleh warga, sebab selain untuk menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan, kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan, kerukunan, dan mempererat hubungan antarwarga.
Dalam era modern ini, kegiatan gotong royong cenderung terabaikan karena banyaknya kesibukan individu dengan pekerjaan dan maupun aktivitas pribadi lainnya. Namun, warga desa Tergambang tetap mempertahankan tradisi ini sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Kegiatan gotong royong warga Desa Tergambang menjadi contoh inspiratif bagi warga lain untuk menjaga dan melaksanakan gotong royong dalam memperbaiki dan menjaga lingkungan di sekitar mereka (Win).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Dusun Klabang RT 05 RW 02
Desa : Tergambang
Kecamatan : Bancar
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62354
Telepon :
Email : pemdestergambang@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:91
    Kemarin:214
    Total Pengunjung:525.580
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.205.18
    Browser:Mozilla 5.0